MY GUITAR WANTS TO KILL YOUR MAMA

Posted by

 

 

frank_zappa3

 

Lagu ini selalu mengingatkan saya pada Frank Vincent Zappa; seorang komposer,  gitaris, penyanyi, sutradara film dan satiris dari Amerika Serikat. Meninggal pada usia 52 tahun di tahun 1993, Frank Zappa menghasilkan lebih dari 60 album.

zappa

Lagu ini memang diciptakan Frank Zappa. Pertama kali direkam sebagai sebuah singel pada tahun 1969 oleh The Mother of Invention, sebuah band rock yang kemudian menjadi band pengiring Frank Zappa dalam banyak album yang diproduksinya. Frank Zappa sendiri baru merekam “My Guitar” sepuluh tahun kemudian, 1979, dalam album Joe’s Garage.

Ada dua versi lagi dari lagu yang sama. Dweezil Zappa (anak Frank Zappa) merekamnya pada tahun 1988 sebagai perhormatandan kepada sang ayah, dan sebuah versi a cappala juga untuk sebuah tribute album “Frankly A Cappela”.

Saya sendiri lebih menyukai versi G3 di atas, sebuah grup yang terdiri dari tiga orang gitaris, Joe Satriani, Steve Vai dan Eric Johnson, yang direkam dalam tour mereka di tahun 1996. Lebih garang, lebih ngerock. Tentu saja, ada tiga gitar yang meraung-raung di sana.

Lingkas, 25 Oktober 2016

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *